Senin, 18 Januari 2010

pidato nybelindddd

Assalamualaikum Wr.Wb

Bapak-bapak dan ibu guru yang saya hormati ! Serta teman-teman yang saya sayangi ! Patutlah kita mengucapkan Tahmid sebagai ucapan syukur atas segala rahmat,nikmat,taufiq dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan yang sehat wal afiat. Semoga perjumpaan kita ini selau mendapat ridha dari Allah SWT. Selanjutnya salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW,serta para keluarga,kerabat,dan pengikut ajaran Beliau.
Hadirin yang saya hormati !
Kali ini saya akan menyampaikan pidato dengan judul ”Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia”. Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang paling pokok di samping kebutuhan primer. Pendidikan yang memadai merupakan situasi yang sangat didambakan oleh bangsa Indonesia. Pendidikan tidak saja maju dari kuantitasnya,tetapi juga dari kualitasnya. Menurut UUD 1945 pasal 31 ayat 1,2,3,dan 4, pendidikan wajib untuk kita sebagai pelajar dan pemerintah juga bertanggungjawab untuk mensupportnya.
Pendidikan merupakan hal yang penting khususnya di negara yang sedang berkembang. Jika sumber daya alam dengan tanah yang subur di mana-mana dikelola dengan baik,maka negara Indonesia dapat menjadi salah satu negara terkaya di Asia Tenggara.Apabila hal ini terjadi akan meningkatkan jumlah anggaran pendidikan di Indonesia ,dengan demikian secara tidak langsung dapat membantu peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Kami berharap pendidikan sampai tamat sekolah menengah mendapat dana dari pemerintah agar dapat terwujud sekolah gratis.
Jika kita bandingkan dengan negara-negara tetangga,maka dalam dunia pendidikan Indonesia masih harus banyak belajar. Seperti kita ketahui pada tahun 70-an sampai 80-an keadaan pendidikan di Indonesia dan Malaysia tidak begitu berbeda dalam hal mutu, dan beberapa guru di Indonesia ”dibawa” ke Malaysia untuk membantu mengajar.Namun,dapat kita lihat,sekarang pendidikan di Malaysia termasuk yang paling baik di dunia. Tetapi sebaliknya,pendidikan di Indonesia tidak maju dan biaya pendidikannya pun sudah di luar jangkauan sebagian masyarakat Indonesia.
Peningkatan dan persamaan mutu ini bisa dilakukan apabila pihak pemerintah benar-benar mau fokus dan peduli pada pendidikan di daerah dengan memberi sarana dan prasarana yang cukup dan sama dengan sekolah bermutu tinggi di daerah Jawa,serta mengirimkan guru-guru ke luar pulau Jawa guna meningkatkan mutu pendidikan yang merata.
Bapak Ibu guru yang saya hormati ! Serta teman-teman yang berbahagia !
Langkah paling awal yang perlu dilakukan sebenarnya memberantas korupsi dan menaikkan gaji guru. Ini bukan berarti sogokan kepada guru.Namun semata-mata untuk menyejahterakan kehidupan guru. Dan,apabila kehidupan guru baik makab guru akan bersemangat untuk mengajar. Hal ini juga tidak bisa lepas dari pemberantasan korupsi di negara kita. Program negara untuk meningkatkan mutu pendidikan akan terhambat bila korupsi di Indonesia semakin merajalela. Banyak anggaran terbuang untuk kepentingan pribadi seseorang daripada untuk kepentingan rakyat dan kemajuan bangsa.
Teman-teman yang saya sayangi !
Kita sebagai pelajar tentunya menginginkan masa depan yang cerah bukan ? Dan tugas kita sebagai pelajar adalah belajar. Untuk itu, bila pemerintah sudah berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia,kita juga harus mendukungnya dengan semangat belajar agar upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia dapat terlaksana dengan adanya kerjasama dari pemerintah,murid,dan tak lupa dukungan dari orangtua murid.Untuk itu,semoga apa yang kita harapkan bisa terwujud dan menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia tidak kalah dalam pendidikan.
Sekian apa yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf bila ada kekurangan.
Wassalamualaikum Wr. Wb

1 komentar:

joe mengatakan...

hhahahaha... ayaya wae mbakyu ne iki!

Posting Komentar